Menanam kecerdasan, Berbuah Kepedulian

DOWNLOAD

MATERI TIK Kelas XI

Perangkat Komputer







MATERI PKWU Kelas X

Faktor keberhasilan wirausaha

1. Faktor keuangan

Hindari berpikir bahwa bisnis tanpa keuangan/ arus kas yang lancar itu bisa berhasil. Arus kas itu bagaikan alirand arah dalam tubuh manusia. Bila arus kas tidak mengalir maka bisnis akan berhenti dan mati. Jadi, faktor keuangan adalah salah satu faktor keberhasilan wirausaha. Contohnya :

- Pengendalian biaya dan anggaran.
- Pencairan dana modal kerja, dana investasi, dan dana lainnya.
- Perencanaan dan penetapan harga produk, perincian biaya, dan laba rugi.
- Perhitungan rasio keuangan sehingga rasio keuangan bisa dikendalikan dengan baik, seperti rasio        kecukupan modal, rasio likuiditas dan rasio hutang vs modal.
- Struktur biaya seperti margin (batas) kontribusi, laba berbanding penjualan, dan biaya berbanding penjualan.

2. Faktor organisasi
Organisasi usaha sebainya tidak statis, tetapi dinamis, kreatif, dan berwawasan ke depan. Organisasi sangat penting untuk seorang pengusaha dan juga karyawannya. Organisasi akan menentukan dan menjadi faktor keberhasilan usaha jika :

- Ada jalur komunikasi yang jelas antara karyawan dengan atasan.
- Sistem pertanggungjawabannya jelas.
-  Deskripsi pekerjaannya jelas.
- Hubungan yang tegas antarkaryawan.
- Karyawan mengetahui tugasnya masing-masing.
- Ada keteraturan dalam bekerja.

3. Faktor perencanaan

Bekerja tanpa rencana berarti berjalan tanpa tujuan yang jelas. Jadi, dapat dipastikan bahwa rencana adalah faktor kesuksesan usaha. Contohnya :
- Perencanaan visi, misi, strategi jangkan pendek, dan strategi jangka panjang.
- Perencanaan operasional dan program-program pemasaran.
- Perencanaan produk.
- Perencanaan informasi teknologi.
- Perencanaan pendistribusian produk.
- Perencanaan jumlah produk yang akan dijual.

4. Faktor pengelolaan usaha

Semua faktor di atas adalah soft pplan success factors (faktor-faktor keberhasilan wirausaha), tetapi seorang wirausaha juga membutuhkan aksi agar bisa melanjutkan rencana agar tidak sekedar menjadi mimpi. Pentingnya pengelolaan usaha adalah sebagai berikut :
- Menyusun organisasi
- Mengelola sumber daya alam
- Mengelola aset
- Membuat jadwal usaha dan kegiatan
- Menetapkan jumlah tenaga kerja
- Mengatur distribusi barang
- Mengendalikan persediaan barang
- Mengendalikan mutu produk

5. Faktor pemasaran dan penjualan

Pemasaran dan penjualan adalah lokomotif bagi divisi atau bagian lainnya seperti keuangan, personalia, produksi, distribusi, logistik, dan pembelian. Faktor pemasaran dan penjualan sangat penting bagi kelancaran usaha. Banyak usaha yang gagal karena hanya mementingkan bagiannya saja dan lupa bahwa pemasarannya belum berjalan dengan baik.


6. Faktor administrasi

Tanpa pencatatan, dokumentasi, pengumpulan data, dan pengelompokan data administrasi yang baik, strategi, taktik, perencanaan, pengembangan, program-program, dan arah perushaan tidak akan berjalan dengan baik karena dilakukan berdasarkan felling atau perasaan saja. Ini akan berbahaya dan menjadi penghalang kesuksesan wirausaha.


7. Faktor peraturan pemerintah, politik, ekonomi, sosial dan budaya

Faktor peraturan pemerintah, ekonomi, politik dan sosial budaya adalah faktor keberhasilan wirausaha yang sangat besar. Hal ini disebabkan karena wirausaha membutuhkan hal-hal berikut ini :
- Peraturan pemerintah dan peraturan daerah seperti pajak, retribusi dan pendapatan daerah.
- Legalitas dan perizinan.
- Situasi ekonomi dan politik.
- Perkembangan budaya lokal yang harus diikuti.
- Lingkungan sosial yang berbeda di setiap daerah.

8. Catatan bisnis

Banyak usaha yang sulit dan tidak bisa berkembang hanya karena kita tidak tahu sejauh mana bisnis kita berkembang dan berjalan. Catatan usaha atau bisnis akan membuat seorang pengusaha tahu sejauh mana ia telah menjalankan usaha, sampai di mana, mengapa sampai, dan apa yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Contoh catatan bisnis yaitu :

- Keuangan : neraca, laporan laba rugi, dan laporan perubahan modal.
- SDM dan personalia : jenis posisi dan bagian, jumlah karyawan, golongan profil dan tingkat produktivitas.
- Pemasaran : omzet, kontribusi produk, pasar, area, wilayah, konsumen, lokasi, pembelian dan penjualan.
- Produksi: stok, jumlah produksi, posisi produksi, dan kualitas.faktor keberhasilan wirausaha

Diberdayakan oleh Blogger.